Simak !
PROMO ANDALAN kami


PELUANG USAHA
BENGKEL MOTOR

dengan mengikuti

KURSUS MEKANIK
SEPEDA MOTOR


AUTO CHAMPION TRAINING CENTRE



"Selama masih ada sepeda motor, kita masih bisa berharap bisnis ini gak ada matinya deh ..."

Ikuti !
Program Keahlian Mekanik Motor Standar
dan
Pengenalan Modifikasi (Tune Up Performance)



DAPATKAN SEGERA !!

DISKON Rp 104.000,-


(selama masih dalam masa promosi)

klik di sini --> :

ARTIKEL TERANYAR

Selasa, 30 April 2013

Alat Bantu Bongkar Kopling

Banyak jurus mekanik dalam membuat alat bantu bongkar pasang kopling praktis. Mulai diganjal obeng, sampai yang manfaatkan kain untuk mengganjal antara gigi primer dan sekunder. Namun tetap dirasa kurang pas.

Kohar mekanik Bintang Racing Team, Cibinong, Bogor, punya cara lain yang lebih mantaf. Itu dibuktikan saat bongkar kopling Honda Karisma balap pasukan BRT. Dijamin tak_ meleset atau merusak gigi sekunder maupun primer. "Ini memang dibutuhkan saat balap," kata Kohar.

Untuk membuat alat bantu itu cukup bermodalkan bekas gigi sekunder. Potong dan ambit minimal 5 mata gigi. Setelah itu, dilas dengan batang besi. Posisi tegak lurUs di tengah bagian dalam gigi (gbr. 1).

Cara kerjanya, saat mau bongkar kopling, letakan di antara gigi primer dan sekunder. Supaya rumah kopling enggak berputar ketika baut penahan dikendurkan. Gigi yang cuma 6 mata itu punya ukuran sama dengan pertemuan gigi primer dan sekunder, otomatis akan mengunci secara kuat (gbr. 2).
Setelah itu, tinggal putar aja buka kunci kopling (gbr. 3). Gigi primer dan sekunder dijamin enggak ikutan berputar.


Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.
 

Senin, 29 April 2013

Manasin Motor di Dalam Rumah : ANAK BEGO IBU-BAPAK MANDUL !

Hayo, kenafa bengkel resmi dilengkapi corong pembuangan knalpot ?Ya.., karena alasan kesehatan. Makanya, rumah yang merangkap bengkel mesti modal dikit buat bikin perkakas itu.
Waktu nyetting motor, asap tidak merajalela ke kamar tidur bocah atau kemana-mana. Kasihan kan, buah hati istri yang tanpa sadar keracunan.

Lihat tulisan utama, mudah-mudahan sobat sadar. Jadinya nggak menyesal kemudian hari. Akur dong...


BrO X tinggal di gang Y punya kebiasaan. Tiap mau gawe, motornya dipanasin di rumah. Harap maklum, soalnya dia dan keluarganya tinggal di perkampungan padat. Mau dipanasin di depan rumah, masih pagi jack!. Khawatir, raungan RX-King 2-taknya bikin berisik tetangga.

Teman misterius kita ini jadi cermin banyak bikers. Karena alasan tadi, mereka terpaksa manasin motornya di dalam rumah. Padahal, di situ ada istri terchayank  dan bocah-bocah permata hati.

Kelakuan ini bahaya banget buat kesehatan. Gampang ditebak, asap yang lontang-lantung di pelosok rumah terisap hidung penghuni. Apalagi di negeri ini bensinnya masih mengandung timbal alias Pb.

Dr. Kareel Al. Staa, spesialis anak Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta bilang, asap yang terhirup ini jangan dianggap main-main. Terutama buat anak-anak. "Debu timbal bercampur polutan lain seperti, CO, NO dan Ozon," kata pria ini. Zat-zat tadi menyerang organ sensitif anak, apalagi jika lewat ambang batas 0,12 ppm.

Jika udara berkualitas amburadul ini rutin dihirup mereka, kualitas darah yang disuplai ke pusat otak bakal terganggu. "Lantas menyerang inteligensi anak. Inteligensinya drop alias telmi alias telat mikir," wanti pak dokter.

Tak cuma buat cah cilik. Asap tadi juga ganas menyerang bokap-nyokapnya. Kali ini Dr. Boyke Dian Nugraha, gynaecologist merangkap konsultan seks yang ngomong. Inteligensi anak turun karena kualitas kromosom sperma babe dan sel telur enyaknya jelek. "Salah satu sebabnya, udara yang tercemar tadi. Anak yang lahir, inteligensinya bisa kurang dari 90," jelas pria bersuara lembut ini.

Nggak tanggung, Boyke menggambarkan sel sperma di dalam tubuh pria. "Kalau tercemar, sperma rusak. Bisa tumbuh tanpa ekor, jumlahnya abnormal dan kecepatan mencapai indung telur terganggu. Ini semua, bikin cowok mandul," tegasnya.

Untuk kaum hawa juga mirip. Parahnya racun, memicu munculnya penyakit endometriosis atau tumbuhnya sel lendir rahim di luar rahim. Sebanyak 60-70 persen wanita jadi sulit punya anak karena kekebalan tubuhnya turun.

Kongkouw serius sama dokter top ini tentu peringatan keras buat bikers yang sering manasin motor di rumah. Mulai sekarang, lebih sip sampeyan keluarkan motor. Kalau sungkan mengganggu tetangga, bisa tuntun dulu motor sampai ujung gang, baun dipanasin.

Apa boleh buat. Itung-itung olahraga. Bener nggak?

Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.
 

Minggu, 28 April 2013

Bikin Obeng Setelan Udara



Sekrup penyetel udara karbu Honda GL100 atau Tiger susah diputar? Itu karena posisinya nyempil di dasar karbu. Meski memakai obeng min paling pendek, tetap saja mentok crankcase. "Bikin saja obeng mini dari bekas jari-jari motor," anjur Muhammad Maftuh, dedengkot CB Club Nganjuk, Jawa Timur.


Monggo cari dulu jari-jari bekas ke tukang pelek atau bengkel. Cukup satu saja Bro, lalu siapkan alat kerja, yaltu ragum (catok), palu, gergaji besi, dan gerinda listrik.

Ayo, dimulai cara membuatnya. Jepit jari-jari ke ragum dan potong dengan gergaji. Panjangnya kira-kira 4 cm dari bagian nipel (gbr. 1).



Sabar, ambil napas dulu, potongan jari-jari ini perlu diolah lagi. Ketok bagian nipel dengan palu agar tak ikut melintir saat dipegang (gbr. 2). Karena nipel penyetel jari-jari nantinya alihfungsi sebagai pegangan.


Ayo tuntaskan dengan menggerinda ujung bekas potongan sampai pipih (gbr. 3). Sisi ini bertugas layaknya ujung obeng min, Bro. Nah beres, sekarang sampeyan nggak kerepotan lagi menyetel sekrup udara (gbr. 4)


Sumber.: tabloid MOTOR - PLUS

Sabtu, 27 April 2013

Bengkel Motor : Konsumen Adalah Raja, Eh..., Teman !

Judul itu merupakan lagu lama yang tidak pernah usang. Sering didengungkan pebisnis jual beli. Mau salon, toko sampai tukang pijat. Istilahnya, konsumen adalah raja. Raja adalah konsumen. Adalah raja, konsumen. Bolak-baliknya sama.

Nyatanya, masih saja sulit dilakoni. Apalagi soal perbengkelan. Sering kita alami, bengkel-bengkel nyebelin dan memperlakukan pasien seenak udele. Dia pikir, hanya dia yang paling pintar. "Pelayanan konsumen seperti raja, adalah salah satu nilai jual yang tinggi, agar konsumen setia," tukas John A. Munir. Dia managing director Ducati Motor di Jl. RS. Fatmawati, No. 28 AA, Jakarta Selatan.

John sembari mencontohkan soal komunikasi bengkeinya. Kudu menerapkan azas terbuka dan terus terang. "Terutama, soal kerusakan sekaligus garansi setelah kerusakan," timpal kepala bengkel Ducati, M.S Djoko. "Malah, Ducati yang rusak, wajib didatangi ke lokasi dalam 24 jam," janjinya.

Ini layak ditiru bengkel lain, khususnya bengkel jalanan. Pastilah nggak mungkin serapi Ducati yang punya dana kenceng. Tapi, soal komunikasi terbuka ini layak dijadikan contoh.

Misalnya soal kerusakan motor. Bagusnya, bengkel bengkel kaki lima membuat daftar komponen yang akan diganti, meminta persetujuan konsumen lebih dahulu. Ini sebenarnya sudah diterapkan bengkel resmi di mana pun. Tapi, nggak ada salahnya kan ditiru.

Misal, menawarkan pada konsumen. Mau belanja sendiri komponen pengganti atau disediakan    bengkel.    Ini menyangkut kepercayaan, Bung. Tuh bengkel nggak punya niat ngetok duit pasien. "Gue lebih percaya model begitu. Kalau ada waktu luang, bisa belanja sendiri," alasan Muhammad Amil Hussein, penyemplak Honda lawas C70.

Jika terpaksa menginap, bengkel kudu punya jadwal pasti. "Kan gedek juga, bolak balik bengkel terus. Eh, motornya nggak beres-beres alias tarsok(ntar-besok)," kesal Zaki Maskur, penyemplak Tornado, Jakarta, pada bengkel macam itu.

Itu kelemahan bengkel kebanyakan. Mereka nggak ketat menjadwal waktu perbaikan sampai selesai. Padahal, jelas menguntungkan pebengkel yang bersangkutan. Selain konsumen jadi respek, lahan tempat motor ngejogrok, nggak mubazir. Ya, kan.


RAJA DIRAJA

Cara bikin konsumen jadi rajanya segala raja alias king of king. Jelas, harus jadi perhatian ekstra bengkel kaki lima. Paling abadi, menerapkan gaya teman melayani pelanggan. Seperti raut muka antusias dan berseri. Juga ikut prihatin kalau motor rusak berat. Macam sinetronlah.

Jangan pelit perhatian dan malas-malasan. Contoh, melumasi rantai dengan oli bersih. Sekalian memeriksa setelan rantainya. Lantas cek dan tambah tekanan angin ban.

Lakukan ini tanpa diminta dan ongkos tambahan. Ya kalau yang punya motor ngasih tip buat beli pulsa sih, Alhamdullilah.Di bengkel resmi, yang beginian pasti dikerjakan tanpa diminta. Kadang malah menolak uang tip, karena itu sudah kewajiban dan standar kerja bengkel.

Tapi hati kecil ini jadi pemikat. Kalau dia ingin servis ulang, sampeyan yang diingat. Dia pun jadi pelanggan. Duit pun masuk terus. Semoga pelanggan bergumam, "Tuh bengkel rajin. Baik pula memeriksa motor gue. Gratis."Hal ini, bikin mereka simpati. Dan itu promosi gratis dan paling mujarab. Ya kan! Ya kan! Ya kan! Ya iya dong ! masak iya lah ...

Aneka Tang

Judul di atas mengilustrasikan ada lima jenis tang yang berguna di motor. Semua punya bentuk dan fungsi berbeda. Biar enggak salah bell, atau salah pakai, sampeyan perlu tahu itu biar lebih tahu dan tahu lebih.


1.TANG KOMBINASI (SLIP JOINT PLIER)

Boleh dibilang ini jenis tang yang paling akrab dijumpai. Bahkan, toolkit bawaan motor juga masuk katagori ini. Fungsi tidak spesifik, bahkan cenderung umum. Makanya, disebut tang kombinasi. Bisa untuk menekan, juga memotong. Bisa juga difungsikan untuk pegang onderdil panAs atau keras.
Contoh saat pegang baut knalpot. Lazimnya punya panjang 6, 7 dan 8 inci. Harga tergantung kualitas bahan. Di sentra toolkit macam di komplek Ruko Glodok Jaya, Jakarta, tersedia banyak merek dan variasi harga.
Terdiri dari  dua macam bahan.Bahan carbon steel dan bahan chrome vanadium (CR-V)


2. TANG LANCIP (LONG NOSE PLIER)

Jenis ini digunakan untuk menjepit atau, mengambil klip kecil di dalam mesin. Seperti di pin piston dan lainnya. "Terutama bagian yang tidak bisa menggunakan tang kombinasi. Bisa juga pakai tang jenis ini," papar Indra Gumay Putra, Supervisor Service Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).
Soal jenis bahan, ukuran dan kisaran harga tidak beda dengan tang kombinasi.


3.TANG POTONG (DIAGONAL PLIER)

Namanya juga tang potong, tentu berfungsi untuk memotong. Bukan motong honor atau gaji. Melainkan kabel. Makanya, bentuk ujung yang beradu tampak lebih tajam. Soal ukuran, bahan dan kisaran harga juga tidak jauh beda sama tang lancip atau tang kombinasi.


4. TANG JEPIT (SNAP RING PLIER)

Bentuknya beda. Ujung runcing kecil mirip jarum. Ada yang bengkok, ada pula yang lurus. Ada yang ditekan menutup, ada yang sebaliknya. "Digunakan membuka berbagai pin di mesin. Misal di kick starter," tambah Indra Gumay.
Ukuran yang lazim untuk motor 5 dan 6 inci. Soal kisaran harga dan bahan, sama seperti tipe lainnya.


5.TANG BUAYA (VICE GRIP)
Seperti nama dan bentuknya. Tapi bukan seperti buaya darat, lho. Besar, dan berotot. Bisa dikunci, sehingga tekanannya jauh lebih kuat dibanding sekadar ditekan tangan. "Bisa untuk melepas baut rusak yang tidak bisa dibuka pakai kunci pas. Ukuran bisa diubah, menyesuaikan ukuran baut," tambah Indra Gumay lagi.

Tips Baut Patah : Tinggal Diketok Atau Dibor

Paling nyebelin saat buka baut tanam macam di kaliper atau kepala silinder,tiba-tiba bautnya patah atau slek.Nyopotnya susah, Bro! Tapi jangan takut, sebab Krisna Murti, mekanik HRC Loaxan di JI.Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jaksel, punya solusi okley bin praktis.
   
Syaiknya lagi, bisa dikerjakan sendiri, nggak perlu ke tukang bubut segala. "Ada 2 cara, pertama ketok patahan baut tanam dengan ujung obeng min dan palu. Posisi obeng rada miring mengikuti arah buka baut atau berlawanan arah jarum jam agar baut yang patah bisa terdorong keluar (gbr.1)," ujar Kumis, sapaan akrabnya.
   
Nah, kalau baut tanam patah itu masih bandel meski  sudah diketok-ketok, bisa pakai cara kedua. Siapkan bor listrik, gerinda, obeng ketok dan palu. Bor baut yang patah, dikit saja kira sedalam 3 mm sampai 5 mm (gbr. 2), ini sebagai tumpuan ujung obeng ketok," lanjut pria penggemar drag bike ini.

Lanjut meruncingkan ujung obeng ketok dengan gerinda listrik agar bisa masuk lubang di patahan baut.

"Pukul dengan palu sampai ujung obeng ketok menancap ke patahan baut (gbr. 3). Pasti sekarang bisa terbuka tuh," lanjut Kumis.
 
Gampang kan ?

Jumat, 26 April 2013

Beli Motor Bekas ? Harus bin Musti Teliti !

Sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor, sebaiknya periksalah setiap bagian dari motor agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini bagian-bagian yang harus diamati oleh calon pembeli.


Boring

Boring atau lubang silinder mesin ada dua macam, yaitu boring standar dan boring over size. Dalam keadaan terpasang, dari luar kedua boring tersebut tidak bisa dibedakan, mana boring standar dan mana boring ovesize. Boring standar adalah boring asli dari pabrik yang diameternya sama dengan yang tercantum dalam buku data mesin tersebut. Misalnya, sepeda motor Honda Supra X, diameter boring standarnya 50,00 mm. Apabila diukur dengan alat ukur jangka sorong atau mikrometer maka akan diperoleh angka yang sama dengan yang tercantum dalam data mesin. Apabila hasil pengukuran lebih besar, berarti telah di-over size. Oversize ada tiga macam, yaitu 0,25 mm, 0,50 mm, dan 0,75 mm. Artinya ukuran standar ditambah dengan ukuran oversize-nya, jadi misalnya 50,50 mm untuk oversize 0,50 mm.

Apabila akan membeli sepeda motor bekas, tanyakan pada pemiliknya apakah boringnya pernah di-oversize atau tidak. Meskipun pemilik sepeda motor belum tentu berkata jujur, tetapi tidak ada salahnya bertanya demikian.

Keaslian boring perlu dipertanyakan karena boring yang sudah di-oversize, terutama oversize 0,75 mm, memiliki kelemahan karena tebal lapisan dinding silinder (cylinder liner) sudah tipis sehingga panas mesin banyak diserap blok silinder. Hal ini berakibat blok silinder lebih cepat panas. Apabila boringnya telah di-oversize maka piston dan ukuran ring pistonnya diganti dengan ukuran oversize. Hal ini akan berakibat bobot piston bertambah sehingga tenaga mesin berkurang untuk mengatasi bobot piston tersebut. Oversize juga mengakibatkan ruang bakar semakin besar sehingga pemakaian bensin bertambah boros. Apabila oversize telah mencapai batas maksimum berarti harus slap mengganti pelapis, boring ketika aus lagi.
Perlu diketahui bahwa oversize dilakukan karena boringnya aus, sehingga kompresi bocor dan mesin menjadi tidak bertenaga. Keausan boring tersebut disebabkan kurang pelumas atau kualitas, pelumas tidak baik.


Lubang Busi

Lubang tempat pemasangan busi rawan terhadap kerusakan. Ulir pada lubang busi mudah rusak jika pemasangannya tidak hati-hati. Misalnya, saat memasang busi, posisi busi tidak tepat (miring), tetapi terus diputar dengan kunci busi sehingga ulir rusak. Ulir lubang busi yang rusak dapat diperbaiki dengan cara sebagai berikut.

  • Lubang busi dibor dengan diameter lubang lebih besar sehingga ulirnya hilang.
  • Lubang busi dibuat ulir dengan arah ulir kebalikan arah ulir busi.
  • Lubang busi disumbat dengan logam sejenis blok silindernya. Penyumbatan dengan cara diulirkan.
  • Sumbat lubang busi dibor, lalu dibuat ulir dengan diameter sama dengan diameter busi yang akan dipasang.
  • Meskipun hasil perbaikan bisa dibilang sempurna, tetapi blok mesin telah cacat. Ada kemungkinan suatu saat akan timbul masalah dengan lubang busi terlebih lagi jika perbaikan tidak sempurna.
Bekas lubang busi yang pernah diperbaiki tidak mudah diketahui karena bagian sekitar lubang busi biasanya kotor oleh debu dan jelaga sehingga bekasnya tertutup.

Namun apabila bagian tersebut dibersihkan dengan sikat maka akan tampak bekas lingkaran penyumbat lubang busi. Apabila dijumpai bekas mencurigakan di sekitar lubang busi, tanyakan pada pemilik sepeda motor untuk mengetahui sebab-sebabnya.

Ada dua faktor yang menentukan kualitas perbaikan lubang busi.

  • Cara pengerjaannya
  • Kualitas bahan penyumbatnya

Meskipun cara pengerjaannya benar dan baik hasilnya, tetapi jika kualitas bahan penyumbatnya tidak baik pasti akan timbul persoalan di kemudian hari. Bahan penyumbat harus sama pemuaiannya. Apabila muai bahan penyumbat tidak sama bisa mengakibatkan blok mesin retak atau lubang busi bocor.


Asli atau Imitasi

Ada dua macam komponen sepeda motor, yaitu komponen asli dan imitasi. Komponen asli umumnya memiliki kualitas sesuai dengan standar pabrik pembuatnya. Komponen imitasi memiliki standar kualitas no. 2 dan no. 3. Sepeda motor yang usianya di atas 15 tahun kernungkinan komponennya pernah diganti. Misalnya, ring piston, piston, poros engkol, poros nok, dan rantai mesin. Apabila semua komponen pengganti tersebut imitasi maka bersiap-siaplah untuk mengganti lagi dalam waktu dekat.

Untuk meneliti komponen tersebut memang tidak mudah karena letaknya di dalam mesin. Namun, apabila penjual sepeda motornya berpengalaman dan suka berbuat curang bisa terjadi semua komponen yang mudah dilepas akan diganti dengan yang imitasi. Komponen tersebut misalnya karburator dan knalpot. Oleh karena itu, periksalah keaslian karburator dan knalpotnya. Harga karburator dan knalpot imitasi lebih murah daripada yang asli. Demikian juga kualitasnya jauh lebih buruk dari yang asli.


Nomor Mesin dan Rangka

Pencurian sepeda motor kini terjadi di mana-mana. Para pencuri selain lihai mencari mangsa juga lihai dalam menjual hasil curiannya. Banyak cara dalam menjual motor curian, di antaranya menjual per komponen (Jawa : 'dipreteli) atau menjualnya begitu saja dalam keadaan utuh.

Saat membeli sepeda motor, sebaiknya diteliti dulu nomor mesin dan nomor rangkanya. Kedua nomor tersebut sangat penting untuk mengetahui apakah motor tersebut hasil curian atau bukan. Apabila sesuai dengan yang tertulis dalam BPKB dan STNK berarti sepeda motor tersebut aman untuk dimiliki. Namun, jika nomor mesin dan nomor rangka tidak sesuai dengan yang tercantum dalam BPKB dan STNK, jangan sekali-kali berani membeli sepeda motor tersebut karena suatu saat pasti akan berurusan dengan polisi.

Meskipun demikian, pencuri tidak sebodoh orang awam. la akan berusaha dengan berbagai macam cara agar motor hasil curiannya bisa laku terjual dengan harga tinggi. Salah satu caranya dengan membuat nomor mesin dan nomor rangka yang sama dengan yang tertulis di BPKB dan STNK. Oleh karena itu, jika menemukan penulisan nomor mesin dan nomor rangka yang mencurigakan, seperti:

  • nomor tidak jelas,
  • tinggi-rendah huruf maupun pengaturan nomor tidak rapi, dan
  • terdapat bekas goresan atau pukulan pada nomor tersebut,
urungkan niat membeli sepeda motor tersebut.


BPKB dan STNK

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sangat penting sebagai kelengkapan administrasi sepeda motor. Sebelum memutuskan membeli sepeda motor mintalah ditunjukkan BPKB clan STNK-nya. Apabila pemilik atau penjual tidak bisa menunjukkan BPKB dan STNK dengan alasan tertinggal atau baru diperpanjang di SAMSAT, tunggu sampai pemilik bisa menunjukkannya. Hati-hati terhadap setiap alasan tidak adanya BPKB dan STNK, sebab jika BPKB dan STNK hilang harus ada surat bukti telah lapor ke polisi dan mengurus BPKB dan STNK yang telah hilang. Apabila penjual tidak bisa menunjukkan surat bukti kehilangan, hati-hatilah karena hanya ada dua kemungkinan. Pertama, BPKB dan STNK dijadikan jaminan hutang (terutama motor yang berharga tinggi) atau sepeda motor hasil curian (kejahatan).

Berikut ini data yang tercantum dalam BPKB yang perlu dicermati.
  • Nomor BPKB
  • Identitas Kendaraan
    a. Nomor polisi (harus sama dengan nomor pada plat)
    b. Merek
    c. Tipe
    d. Jenis
    e. Model
    f. Tahun pembuatan
    g. Tahun perakitan
    h. Isi silinder
    i. Warna
    j. Nomor rangka/NIK
    k. Nomor mesin
    l. Jumlah sumbu
    m. Jumlah roda
    n. Bahan bakar
    o. Identitas pemilik
    p. Nama
    q. Alamat
    r. Pekerjaan

Data yang tercantum dalam BPKB cukup lengkap, tetapi yang harus diperhatikan calon pembeli adalah kecocokan nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi, merek, tipe, dan warna kendaraan. Dari data tersebut, jika ada perbedaan warna kendaraan kemungkinan belum lapor ke pihak berwajib sehingga BPKB-nya belum diubah datanya. Namun, sebaiknya segera diurus sesuai prosedur yang berlaku.


Saat Membayar Pajak

Waktu jatuh tempo bayar pajak kendaraan bermotor bisa dilihat pada STNK-nya. Pajak sepeda motor dibayar setiap tahun. Meskipun demikian, ada juga sepeda motor yang bertahun-tahun tidak dibayar pajaknya. Apabila ada operasi ketertiban kendaraan pasti kena denda. Hal ini harus diperhitungkan calon pembeli agar tidak mengalami kesulitan di jalan raya.
Pajak sepeda motor yang bertahun-tahun tidak dibayar, bisa dibayar pada tahun berikutnya beserta dendanya. Setelah pajak dan dendanya dibayar lunas maka STNK-nya diganti dengan yang baru.


Pemilik Sepeda Motor

Pemilik sepeda motor yang dimaksudkan adalah nama pemilik yang tercantum dalam BPKB dan STNK. Pemilik tersebut perlu diketahui alamatnya. Hal ini bertujuan untuk keperluan sewaktu perpanjangan STNK atau balik nama. Apabila pemilik tersebut sulit dihubungi tentu akan merepotkan sewaktu perpanjangan STNK atau balik nama karena syarat perpanjangan STNK dan balik nama harus menyertakan foto kopi KTP pemilik (sesuai yang tercantum dalam BPKB dan STNK). Meskipun kesulitan tersebut bisa diatasi, sebaiknya dipikir sebelum memutuskan membeli sepeda motor.


Ukur Tenaga Mesin

Sebelum memutuskan membeli sepeda motor, coba jalankan sepeda motor tersebut beberapa kilometer hingga mesin benar-benar panas. Rasakan jika ada kelainan pada sepeda motor tersebut. Namun, apabila tidak boleh dijalankan karena alasan keamanan maka hidupkan mesin tersebut beberapa menit dalam posisi transmisi netral. Setelah mesin panas, putar handel gas maksimum. Baca berapa putaran per menit saat handel gas diputar maksimum. Pada putaran maksimum, bunyi mesin harus normal, tidak tersendat-sendat atau meledak-ledak. Apabila saat handel gas diputar maksimum, bunyi mesin tersendat-sendat atau meledak-ledak berarti tenaga mesin tersebut tidak bisa sesuai standarnya. Apabila sepeda motor dijalankan, kecepatannya juga tidak bisa mencapai standar seharusnya.

Perlu diketahui bahwa cara pemeriksaan tersebut, tidak bisa sepenuhnya dijadikan pedoman. Meskipun putaran mesinnya maksimal, tetapi jika terjadi kerusakan pada sistem pemindah tenaga, kecepatan sepeda motor juga tidak akan mencapai maksimal.


Awas Dempul

Sepeda motor yang bodinya terbuat dari logam rawan terhadap benturan. Akibat benturan dengan benda keras, bagian yang terbuat dari logam menjadi ringsek. Untuk mengembalikan keadaan seperti semula tidak mudah. Permukaan bekas ringsek menjadi tidak rata. Cara meratakan bagian permukaan tersebut dengan cara didempul sebelum dicat ulang.

Tebal dempul diusahakan setipis mungkin. Namun hal itu, sangat sulit sehingga banyak yang dempulnya cukup tebal. Kelemahan jika dempul cukup tebal adalah catnya mudah retak dan terkelupas.

Sebelum memutuskan membeli sepeda motor, periksalah apakah bodinya pernah didempul atau masih asli. Cara memeriksanya, cukup setiap bagian diketuk dengan jari agak keras. Apabila bunyi ketukan ringan, berarti bodinya masih asli. Sebaliknya, jika bunyi ketukan berat berarti bodinya pernah didempul. Yang perlu diketahui, selanjutnya apakah ada bagian lain yang mengalami kerusakan bersamaan dengan rusaknya bodi akibat benturan tersebut. Hati-hati, mungkin akibat benturan tersebut juga merusak bagian yang lain.

Sepeda motor yang rawan terhadap benturan adalah sepeda motor yang sebagian besar bodinya terbuat dari logam. Misalnya,
  • Honda CG    
  • Honda CB
  • Honda GL   
  • Honda GL Pro
  • Honda GL Max    
  • Honda Mega Pro
  • Honda Tiger    
  • Honda New Sonic
  • Yamaha RS    
  • Yamaha RX King
  • Yamaha Scorpio    
  • Suzuki A 100
  • Suzuki Thunder    
  • Kawasaki Binter
  • Vespa

Waspadai Bekas Las

Sambungan kerangka sepeda motor terletak di bagian yang membentuk sudut. Sambungan tersebut dilas dengan las listrik sehingga sangat kuat. Bagian rangka sepeda motor ada yang terbuat dari pipa atau plat, tetapi kebanyakan merupakan gabungan antara pipa dengan plat. Bekas pengelasan yang tidak semestinya, menandakan adanya kerusakan pada bagian tersebut. Kerusakan rangka meskipun telah dilas, harus diteliti sebab-sebabnya dan kualitas pengelasannya. Apabila pengelasan tidak balk, rangka menjadi tidak lurus dan sewaktu-waktu bisa patah. Kondisi ini sangat membahayakan keselamatan pengendara.


Hindari yang Keropos

Bagian sepeda motor yang mudah keropos antara lain knalpot (empat tak), pelek, rangka, rangka jok, tutup rantai, dan tutup roda. Rangka dan pelek merupakan bagian yang sangat penting untuk menjamin keselamatan. Oleh karena itu, bagian tersebut tidak boleh keropos. Rangka merupakan bagian yang sangat penting karena merupakan tempat memasang mesin, roda, jok, dan sistem kelistrikan.

Penyebab kerangka sepeda motor keropos karena bagian dalam rangka kemasukan air ketika hujan atau sepeda motor dicuci. Seharusnya air yang terdapat dalam pipa rangka sepeda motor dibuang secara berkala untuk mencegah keroposnya rangka. Penyebab lainnya, air garam yang sering membasahi sepeda motor misalnya sepeda motor beroperasi di daerah pantai. Oleh karena itu, waspadailah apabila membeli sepeda motor bekas dari daerah pantai, bisa jadi keropos pada bagian dalamnya meskipun catnya mengkilat.


Baca Speedometer

Speedometer adalah alat pencatat kecepatan sepeda motor yang letaknya selalu di tengah setang kemudi. Pada kotak speedometer juga terdapat alat pengukur jarak tempuh yang disebut odometer. Dengan membaca jarak tempuh pada odometer, bisa diperkirakan seberapa lama usia sepeda motor tersebut. Hal ini perlu diketahui calon pembeli meskipun speedometer dapat direkayasa agar jarak tempuh yang tercatat tetap kecil yaitu dengan melepas kabel speedometernya. Namun, dengan menggabungkan antara kondisi sepeda motor, tahun pembuatan, dan jarak tempuh dapat dikira-kira usia pakai sepeda motor tersebut.

Meskipun sepeda motor termasuk keluaran baru, tetapi apabila jarak tempuh yang dicatat odometer mencapai ribuan kilometer, sama dengan sepeda motor keluaran sepuluh tahun yang lalu sehingga perlu pemeriksaan yang teliti. Mungkin banyak komponen yang sudah saatnya diganti. 


Daftar Pustaka :

Kiat Praktis Jual Beli Sepeda Motor Baru & Bekas  oleh Drs. Boentarto 2003 (Jakarta : Puspa Swara)

Kamis, 25 April 2013

Bengkel Sepeda Motor Rumahan, Modal Sedikit Laba Menggiurkan

Ada peluang bisnis menggiurkan. Coba perhatikan, data penjualan motor yang terus naik-naik ke puncak gunung. Nggak percaya, cek langsung ke Polda Metro Jaya. Nomor polisi motor sampai berubah akibat kombinasi nomor sudah tidak bisa memenuhi jumlah motor yang terdaftar.

Peluangnya apa? Tentu banyak. Salah satunya, usaha perbengkelan. Ini sebuah pekerjaan menarik. Hobi ngoprek tersalur, juga dapat fulusss.

Buka usaha bengkel butuh persiapan matang. Keterampilan andal, manajemen
usaha yang balk dan modal lumayan. "Ketiganya harus dimiliki pebengkel," jelas Drs. Heru Raharja, Wakil Direktur Pusdiklat Mekanik Otomotif Warga-Suzuki di Jl. Kol. Sutarto, No. 81, Surakarta, Jawa Tengah.

Nah, kendala usang menghadang dalam hal pembiayaan. Penyediaan aiat-alat perlengkapan bengkel. Paling besar, penyediaan lokasi bengkel. "Untuk sewa kios tergantung daerah. Kalau untuk daerah, minimal Rp 6 juta-an. Berat," jelas Idrus 'Edo' Firman, pemilik bengkel rumahan bertajuk Anchezher di Jl. Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Edo sudah 8 tahun membuka bengkel di depan rumahnya. Awal usaha banyak bantuan dari Bronya. Termasuk peralatan ngebengkel. "Pasiennya teman-teman sendiri. Harga juga pertemanan," jelasnya.

Lainnya, Ign. Ketut Hargunanto. Doi lulusan Hartomo Mechanical Training Centre (HMTC). Ngebengkel rumahan di Wisma Tengger, Manukan, Surabaya. Pasiennya lumayan banyak.

Ketut maupun Edo bukan mekanik asal-asalan. Modif motor balap resmi dan liar kerap dilakukan. "Kalau order servis ringan, hampir tiap hari. Minimal 6 motor," jelas Edo.


Ikut Pelatihan Mekanik
Profesi mekanik jelas sangat menjanjikan. Pasalnya, mudah membuka lapangan kerja. Bisa jadi mekanik bengkel resmi dan umum, atau buka usaha sendiri. Salah satunya bikin bengkel rumahan.

Bisa dilihat dari minat siswa yang mendaftar kursus mekanik. "Kalau di HMTC, sebulan rata-rata yang masuk 80 sampai 100 siswa. Sebanyak 90%-nya siswa, benar-benar atas inisiatif sendiri dan bukan paksaan orang tua," buka Hartomo, pemilik kursus mekanik HMTC (Hartomo Mechanical Treaning Centre) di JlSawo, Rawamangun, Jakarta Timur.

Begitu juga dengan Pusdiklat Warga-Suzuki Surakarta. "Kami sudah meluluskan, 120 mekanik selama 3 tahun ini. Seluruh lulusannya sudah bekerja. Bahkan lulusan kami banyak yang minta," papar Drs. Heru Raharja.

Lulusan HMTC pun banyak jadi mekanik andal di luar. Contoh, Yasriel Situmorang, menjabat kepala mekanik bengkel resmi dealer Kanzen di kota Jambi. Stanley, membuka sendiri bengkel AHASS di kawasan Depok sampai Eko Andrastoni yang buka bengkel umum di Cimanggis, Jakarta Timur.

Nah, kalau dihitung perbandingan yang sudah lulus berkiprah di mana? "Kira-kira 80%-nya kerja di bengkel resmi, umum dan buka bengkel sendiri. Sisanya kerja di bidang lain selain jadi makanik," lanjut Hartomo yang sudah 4 tahun 8 bulan mendirikan kursus mekanik.
Makanya, kalau ingin cepat dapat fulus sekaligus menyalurkan hobi, kenapa enggak pilih kursus mekanik.


Kendala dan Menyiasati Bengkel Rumahan.

Secara psikologis, ngebengkel di rumah bikin waktu buanyak banget. Malam hari sampai subuh bisa digunakan untuk ngoprek. Jeleknya, ritme di lingkungan rumah sering berbaur sama kerjaan di bengkel. Akh, istri atau anak bisa aja protes kalau si bapak ngurusin bengkel melulu. Lupa ngelonin anak-bini.

"Terus terang, aku ngebengkel sebelum ada tetangga. Makanya dulu nggak problem ngebengkel di rumah ! Sekarang memang ada tetangga. Yo... kita atur sosialisasi dengan mereka. Kalau malam, nggak ada lagi acara nyetel mesin. Kalau pun nyeting motor diajak pindah agak jauh," ujar Endo Raharjo, mekanik Moge di Jl. Janganan Panggung Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Persoalan paling utama tentu polusi suara alias berisik dari tetangga. '"Makanya, kalau nyeting motor dibawa agak jauh supaya tetangga ngqak terganggu," tambah Yadi `Dede'Supriadi, pebengkel di Jl. Cijerah II, Gg Duren, No. 140, Bandung.

Yang penting buatnya, sosialisasi yang baik dengan tetangga supaya mereka ngebengkel. Di sisi lain, pihak bengkel pun harus bisa rnembawa diri dengan baik. Saling toleransi gitu !

Senin, 22 April 2013

6 Cara Bikin Awet Bearing (Laher)

Bearing mampu tahan lama dan tidak cepat terkikis syaratnya tergantung perlakuannya. Berikut contoh penyebab kerusakan laher baik baru atau sudah lama.


Pemasangan salah

Pemasangan salah penyebab cepat rusak. Pukulan yang tidak seirama pada cincin luar dan dalam, clearance yang dimiliki laher tidak lagi rata. Sehingga bola-bola yang mestinya bergelinding ideal, jadi rusak lantaran gesekan nggak seirama.


Kurang pelumas

Pelumas diperlukan untuk meredam panas dan gesekan. "Pastikan yang berkualitas. Khusus laher di dalam mesin, kudu lebih teliti lagi saat mengganti oli. Sebab geram pada oli bekas memperpendek usia laher," wanti Athanasius Ketut Hargunanto mekanik Aneka Motorsports di A WR. Supratman, Denpasar, Bali.


Beban awal berlebih

Hati-hati kala membeli laher baru. Pastikan ukuran yang tertera di cincin laher. "Sebab bila salah, terjadi beban awal berlebih sangat mungkin lantaran ketika pasang dipaksakan," tutur Nyoman Tri Mantara, Product Development & Marketing PT SKF Indonesia.


Jalan berlubang

Trek yang dilalui berlubang beban yang diterima roda dan berpusat di laher. Makanya untuk meminimalkan laher rusak, caranya cuma hati-hati memilih jalur yang tepat. Kalau tidak sempat, ganti laher baru lebih awal guna menghindari dudukan laher yang cepat oblak.


Geram, kotoran atau air

Khusus laher yang di luar mesin. Biar tidak cepat dihingapi debu, geram dan air, pastikan laher yang dipakai tertutup pelat besi atau karet. Laher yang dilindungi sil jangan lupa dipasang dan hindari debu atau air.


Beban berlebih

Kalau beban putar berlebihan, ditambah bobot yang harus ditopang tidak sesuai kekuatan laher, wajar bila bantalan gelinding cepat rusak. "Makanya disarankan pilih ukuran laher sesuai kebutuhan," jelas Erwin Susanto, mekanik Wins Motor di A Bendungan Jago Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Minggu, 21 April 2013

Obeng, tak kenal maka tak faham

Bentuk pegangan bervariasi
Prinsip sederhananya, obeng terbagi dua jenis. Pertama, obeng plus atau obeng kembang. Disebut kembang karena ujungnya berbentuk kembang. Kedua, disebut obeng min lantaran melambangkan minus.

Meski cuma dua, tapi pilihan beragam. Mulai dari ukuran, bahan, bentuk pegangan sampai kisaran harga. Berikut panduan bagi pemakai dan sebagai bahan pertimbangan saat mau beli.


Kualitas Bahan

Berikut komentar Coming, bos UD. Gemilang di Glodok Jaya, No. 37, Jakarta Pusat. Doski menyediakan berbagai jenis toolkit termasuk obeng. Katanya obeng yang umum di Indonesia ada beberapa kelas. Mulai dari Carbon Steel, Chrome Vanadium (CR-V), CR-V Fully Hardered, Chrome Molibdenum (CR-Mo) dan S-2. Secara urut, yang disebut belakangan kualitasnya makin bagus.


Ciri Identifikasi Kualitas Bahan

Untuk memilih kualitas bahan, Coming memberi beberapa tips. Pertama, dilihat dari berat. Semakin berat, bisa ditaksir bahan semakin bagus. Kedua, dilihat dari suara. "Makin nyaring, makin bagus," tambahnya.

Ketiga, dilihat dari fisik. Kalau bahan jelek finishing enggak bagus. Sebaliknya, kalau bahan bagus, maka terlihat rapi.
Perhatikan juga ujungnya. Biasanya, ada ujung yang berwarna hitam. Kalau yang bagus, warna itu merupakan hasil. dari proses pemanasan untuk meningkatkan kualitas. Tapi ada pula yang hanya sekadar cat atau dilapis. Biasanya, terlihat kalau sudah.dipakai. Lama-lama akan luntur.


Ukuran

Umumnya, untuk katagori obeng buat mesin motor, ada ukuran yang dijual dengan cara paket. Isinya ada 7 macam. Terdiri dari tiga obeng plus dan empat obeng min.
Obeng plus terdiri dari ukuran 5X75 mm, 6X100 mm, dan 8X150 mm. Orang bisa sebut ukuran PH 1/4 inc, PH 2/6 inc, PH 3/8 inc. Angka di depan, menunjukan ukuran mata obeng. Sedang angka di belakang adalah panjang obeng.

Untuk obeng min, ukuran lazim mulai dari 5X75 mm, 6X100 mm, 6X150 mm dan 8X200 mm. "Ada pula ukuran yang lebih mini. lagi. Ukuran mata sama, tapi lebih pendek," lanjut Coming.


Prinsipnya hanya dua tapi banyak ragam
Kisaran Harga

Untuk kategori obeng carbon steel, harga biasanya tidak terlalu mahal. Satu set berisi 7 obeng, hanya berkisar sampai Rp 20 ribu.
Obeng berbahan CR-V, bisa mencapai Rp 40 ribu/set. Sementara bahan CR-V Fully Hardered, CRMo, dan S-2, harga bisa berkisar mulai dari Rp 50 ribu sampai di atas Rp 200 ribu.

Untuk memilih kualitas bahan, Coming memberi beberapa tips. Pertama, dilihat dari berat. Semakin berat, bisa ditaksir bahan semakin bagus. Kedua, dilihat dari suara. "Makin nyaring, makin bagus," tambahnya.
Ketiga, dilihat dari fisik. Kalau bahan jelek finishing enggak bagus. Sebaliknya, kalau bahan bagus, maka terlihat rapi.
Perhatikan juga ujungnya. Biasanya, ada ujung yang berwarna hitam. Kalau yang bagus, warna itu merupakan hasil. dari proses pemanasan untuk meningkatkan

Jumat, 19 April 2013

Trik Buka Baut

Pilem Mc Gyver udah lama nggak ditayangkan lagi. Tapi, kecerdikannya masih membekas pada Wahid Imam pebengkel JM Motor. Dalam ngebengkel kerap menggunakan trik cerdik untuk memecahkan masalah.

"Ada beberapa cara membuka baut dan komponen dengan trik jitu. Macam akal-akalan Om Gyver-lah," papar Jeme panggilan akrabnya.

Disebut akal-akalan, sebab sebenarnya ada alat khusus yang bisa digunakan. "Kalau nggak punya alat tersebut bisa menggunakan trik ini," tambah mekanik yang bermarkas di Jl. Srengseng Raya, Kembangan, Jakbar.

Mari lihat beberapa triknya !


Membuka Baut Tanam

Blok silinder Vespa diikat menggunakan baut tanam. Cara paling gampang membuka baut model tanam, yakni menggunakan dua mur. Pasang kedua mur tersebut pada drat baut. Untuk Vespa menggunakan mur ukuran 11 mm. Satu mur digunakan untuk menahan sedangkan mur yang lain untuk membuka (gbr.1).




Membuka Pin Piston

Mekanik biasanya menggunakan tang khusus untuk membuka pin piston. Tang ini bentuknya runcing ujungnya melengkung. Jika tang biasa kalau ditekan akan menutup, ini kebalikannya.

Jangan kuatir kalau nggak punya tang jenis ini. Siapkan saja obeng minus dan tang yang pegangannya kecil (biasanya tang lancip, red).

Masukan ujung obeng dan ujung pegangan tang ke dalam pin piston (gbr.2). Gaya tekan obeng dan tang akan membuat kedua ujungnya membuka. Dengan cara ini pin piston bisa ditarik keluar.


Membuka Rumah Kopling Vespa

Treker alat ideal untuk mencopot rumah kopling. Sebab, memang sudah dirancang khusus untuk itu. Dengan membuka klip penahan, pelat kopling akan terlepas. Namun, gir akan tetap menempel di as treker.

Sebenarnya, treker ini bisa dibuat sendiri dengan batangan besi dibentuk hurup 'T' (gbr.3). Di ujung T diberi ulir agar mur dapat masuk. Nah, mur ini yang nantinya akan menekan rumah kopling sehingga klip terlepas.


Pembuka suling sokbreker Macet

Semestinya, saat melepas baut pengikat sok dengan kunci L-6 (untuk motor bebek, red) dari pantat tabung, batang suling akan diam. Akibat karat, baut pengikat batang sok urung keluar dari tabung sokbreker. Ini akibat batang suling di tabung sokbreker ikut berputar.

Kalau mengalami masalah ini jangan cemas. Bikin aja alat pembukanya. Caranya, ambil mur 12 mm, can tungkai besi berdiameter 10 mm dengan panjang 750 mm. Lantas salah satu ujung tungkai besi dan mur dilas. Alat ini yang menjadi penahan baut batang sok dari dalam tabung sok.

Kamis, 18 April 2013

Bengkel Motor : Kiat Pemasaran Dilengkapi Menu Harga

Pernah nggak dag dig dug waktu benerin motor ?  "Berapa ya.. biaya total perbaikan motor ini."  Wajar! Konsumen sulit membayangkan harga yang akan dibayar. Lantaran umumnya, tiap bengkel resmi cuma mencantumkan ongkos jasa servis. Sedang daftar harga komponen jarang diumumkan. Apalagi bengkel umum.

ltu coba ditepis bengkel AHASS Bayu Motor (BM) di JI. M. Kahfi I, Ciganjur, Jakarta Selatan. Seperti halnya kios penjual voucher handphone, menu makanan di rumah makan, pihak BM menulis harga spare-part terutama fast moving.

"Daftar harga yang kami tulis sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang dikeluarkan pabrikan. Jadi, konsumen bisa memperkirakan ongkos yang mereka keluarkan," jelas Nunung Bayu, owner BM
Daftar harga tertera di pintu masuk bengkel. Dari jalan raya pun, pengendara yang kebetulan lewat bisa jelas mellhat menu harga komponen. Mulai dari kampas rem, kampas kopling, gir dan rantai. "Memang belum lengkap. Nantinya, harga oli dan busi akan kami cantumkan juga," papar wanita berkerudung ini.

Herryanto, kepala mekanik BM, mengaku belum mengetahui apakahpencantuman ini sejalan dengan kenaikkan jumlah kedatangan konsumen ke bengkelnya. "Ide ini baru berjalan dua minggu.
Jadi, kami belum melihat adanya peningkatan jumlah konsumen yang datang karena pencantuman harga," paparnya.


Diskon Jasa 20 Persen


Ada juga kiat lain dijalankan Bayu Motor dalam rangka menggaet konsumen. Yakni pemberian diskon jasa service sebesar 20 persen dari Senin-Jum'at.

Strategi ini tidak lepas dari perhatian Nunung, bahwa konsumen umumnya jarang servis diwaktu itu."Diskon ini semacam insetif kepada konsumen kalau servis selain hari libur, Sabtu-Minggu," jelasnya.

Alasan lain, posisi BM juga unik. AHASS ini masuk jaringan main-dealer Jakarta, PT Wahana Makmur Sejati. Tidak sampai jarak 3 kilometer dari lokasi bengkel sudah beda jaringan main-dealer, Jawa Barat, Daya Adira.

"Harga jasa antara Jakarta dan Jawa Barat beda. Misal, untuk servis lengkap bebek sebesar Rp 30 ribu. Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat Rp 25 ribu. Diskon ini untuk memberikan harga sama. Karena jarak kami dengan AHASS Jabar sebenarnya tidak jauh," tutupnya.


Minggu, 14 April 2013

Bahaya Bonceng Anak Bertiga

Pada Musim Mudik Lebaran, banyak kalangan menilai pengendara yang pulkam tidak disiplin berlalulintas. Bahkan, Menteri Perhubungan ikut mengklaim begitu.
Wah, pegimana nih !.

sepeda-motor.com juga tidak memungkiri fakta itu. Terutama, boncengan bertiga dengan anak di tengah atau depan. Padahal, aturan Direktorat Jendral Perhubungan Darat jelas melarang keras bonceng tiga. Apalagi yang dibonceng itu anak kecil. Selkalipun aturan diberlakukan bertepatan dengan musim mudik.

Munculnya aturan itu dilatarbelakangi sebuah kejadian memilukan. Pernah ada keluarga mudik bonceng balita dengan posisi wajah menghadap depan atau punggung pengendara. Tanpa disadari, balita yang dibonceng itu kekurangan udara akibat terlalu erat kena dekap. Juga lama perjalanan. Akibatnya, buah hati itu meninggal lemas akibat kekurangan udara.

Bukan begitu memang cara bonceng balita. sepeda-motor.com nyaranin duduk di tengah antara boncenger dan rider. Namun menghadap ke belakang atau berhadapan dengan ibunya. Sesekali, perhatikan kondisi si anak. Em-Plus ingatkan lagi, kalau ini boleh dilakoni hanya dalam kondisi terpaksa! Sayang anak bukan berarti mengajaknya boncengan. Dan itu memang dilarang keras !

Faktanya, dengan alasan perjalanan dekat atau lebih efisien, bonceng anak masih kerap dilakukan. "Kejadian ini kata kuncinya kesadaran. Masyarakat cenderung lemah kesadaran akan keselamatan diri," jelas Jusri Pulubuhu, training director, Jakarta Defensive Driving Consulting.
"Boncengan tiga nambah tingkat kesulitan pengendalian. Ruang gerak pengendara berkurang karena digunakan penumpang pertama. Penumpang kedua di depan juga menghalangi bidang pandang. Pengendara sulit mengenali ancaman di depan, jadi bonceng tiga memang sangat tidak direkomendasi," jelas Jusri.

Raba-raba Oli

Lengket tak cepat kering. Tanda oli bagus
Suzuki Shogun, seminggu ganti oli, eh langsung Afrika bin Negro, item. "Jangan menuduh olinya palsu atau kualitasnya payah. Itu akibat motor ente sendiri," bilang Suparjo, mekanik Budi Jaya Motor di Jl Assyrot, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Coba raba-raba olinya. Raba-raba bagi orang Manado disebut pegang-pegang. Makanya, ada istilah raba-raba puru di sana. Maksudnya, colek olinya pakai ujung jari dan tekan ke permukaan jempol sekuat-kuatnya. Ini cara tradisional untuk mendeteksi unsur pelicin oli.

Kalau kering bekas pencetan itu pertanda unsur pelumasnya telah lenyap. "Tapi walau ditekan antar tangan, tetap basah dan lengket, olinya layak pakai," ungkap lelaki asli Tegal, Jawa Tengah ini.

Ganti kalau hitam pekat dan encer   
Penyebab pelumas cepat hitam banyak. Bukan hanya usia pakai. Jika ente terlambat bulan, ya, hamil. Itu sih buat cewek. Terlambat ganti oli, jeroan mesin kotor oleh gram metal. Walau olinya baru, besoknya langsung hitam. Gramnya mencampuri oli baru.

Penyebab lain akibat kompresi bocor. Panas api merambat ke ruang oli. Ini khusus 4-tak. Panas yang merembet ke karter memengaruhi oli cepat jari Afrikanya.

Karena terbakar, oli menempel di permukaan komponen. Ketika diisi ulang, detergen oli baru mengikis kotoran di bak mesin. Akibatnya, oli cepat hitam juga.

Apalagi oli lama mengandung sintetis dan aditif tinggi. "Menimbulkan kerak tinggi," jelas Erick dari divisi roda dua, PT Citra Asri Buana, bengkel resmi Suzuki di Jakarta Selatan.

Kompresi bocor bikin oli cepat hitam
Masih basah meski ditekan dua jari














Nah, lebih baik oli diganti secara teratur. Dijamin bening terus.

Sabtu, 13 April 2013

Kopling Mandra Perkosa Ternoda

Sori sejuta maaf buat perancang Suzuki Tornado. Memang benar, "Konstruksi rumah koplingnya ribet. Ini membuat Tornado jadi ternoda. Pelat penekan kampas tak sekuat pegasnya. Tidak tahan buat penggemar tarik-tarikan," jelas Eko Sadek Putra.

Belum lagi komponen fast moving Sijuki eh, Suzuki mahal. Maka, "Ganti saja pakai rumah kopiing Astrea Grand. Supaya murah, pilih yang bekas," ujar mekanik Poetra Jambu (PJ) dari Jl. P. Senopati, No. 26, Bantul, Yogyakarta.

Kehebatan rumah kopling Grand terbukti di Tornado. Bukan hanya buat bali, buat road race seperti yang digeber Zulkifli, pembalap PJ. Ganas mengobrakabrik dominasi bebek Yamaha. Kalau nggak jatuh, podium sih gampang dipanjat.

Mari dipasang. Supaya mudah membuka tutup girboks, lepas knalpot dan footstep. Kuras oli mesin pakai kunci sok 17. Mau lebih gampang, gunakan kunci sok 12 untuk melepas dua knalpot dan baut .

Tahap berikutnya, slah pakai kunci ring 10. Ambil obeng ketok kembang buat membuka sembilan baut bak mesin. Tarik baknya sampai lepas. Hati-hati, jangan sampai pakingnya rusak.

Tahan putaran kruk-as pakai busi. Businya dipasang dari lubang busi juga. Tapi busi dimodifikasi jadi panjang untuk menahan gerak piston. Gunakan kunci ring 20 untuk melepas mur penahan kopling sentrifugal. Tarik sentrifugal dari dudukan dan perangkat jedek (gbr. 1).

Tarik push piece dan plug, yang berada di tengah house kopling asli (gbr. 2). Ambil tang lancip untuk membuka klip penguncinya (gbr. 3).

Lepaskan house alias rumah kopling berikut pelat kopling. Buka klip dengan menekan spring-plate (per berbentuk piringan) dengan kunci khusus. "Kalau tidak ada bisa memakai treker magnet (gbr. 4)," kata Eko, instruktur mekanik Kayo Cipta Mekanik (KCM) di Kompleks Perumahan BCA Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Pisahkan kampas dan pelat kopling. Yang dipakai gigi sekunder saja. Giliran ke tukang bubut. Bawa rumah kopling Grand berikut gigi sekunder untuk dipantek. Minta bikin enam lubang sesuai bolongan rumah kopling Grand (gbr. 5).

Tinggal pasang kampas dan pelat kopling Grand (gbr. 6). Balikin komponen lain seperti semula. Setelah pemasangan peranti kopling sentrifugal tidak bisa dipakai lagi (mentok), sekalian saja buat kopling tangan.

Syaratnya, pakai tutup girboks baru yang sudah dilengkapi stut penonjok. Banyak dijual di toko variasi.

Membaca Kode Ketinggian Ban

Di ban Battlax, sering tertulis 90/80-17. Angka 17, berarti diameter ban, dalam satuan inchi. Sedangkan 90, menyatakan lebar ban dalam milimeter. Dan angka 80, menyatakan rasio (dalam persen) ketinggian ban dibanding lebar ban.
Untuk mencari tingginya dalam satuan milimeter, harus pakai rumus sebagai berikut: 90 x 0,8 (80%)= 72 mm. Sekarang, hayooo ... berapa tinggi ban 110/90-17 ?

Kombinasi Pelek & Ban : Naik-Turun 1 Tingkat = Aman

Kombinasi aneka ragam ban ke pelek nggak boleh asal !
Gara-gara demam motor kontes, pemakai motor harian ikut-ikutan asal pasang beragam lebar ban melebihi standarnya. Ingat, buat aplikasi sehari-hari nggak boleh sembarangan. Danger, Bro !

"Sebaiknya naik turun lebar tapak ban jangan lewat 2 tingkat. Misalkan pelek 1,20x17 inci dengan ban standarnya 2,25-17, jika dipaksa pakai ukuran 2,75-17, bakal nggak aman tuh," ujar Ponca Sulistiono, manajer R&D PT Suryaraya Rubberindo Industries.

Tak cuma tampilannya yang jadi buiat bak donat, bibir ban selebar 2,75-17 rawan melejit dari jepitan pinggir pelek 1,20x17 yang kelewat sempit. Termasuk sebaliknya alias pelek lebar dijodohkan ban kecil, bakal rnenghasilkan profit tapak ban rada kotak. Akibatnya bibir ban ditarik paksa melewati batas agar menempel ke pinggir pelek.

TABEL KOMBINASI BAN & PELEK
"Belum lagi suspensi motor terasa lebih keras karena fungsi ban meredam beban menurun," tambah Pak Ponca yang ,menggawangi produk ban Federal dan FDR ini. Biar nggak salah pilih, silakan baca tabel kombinasi lebar pelek dan ukuran ban.

Yamaha Mio Ngorok ?

As puli sekunder tidak balance
Eit.. Ngorok bukan berarti Si Mio mendengkur. Kebetulan aja Ir. Hari Widagdo MSC., mengalami sedikit masalah pada Yamaha Mio 2004 miliknya. "Di jeroan rumah CVT kerap terdengar suara ngorok. Padahal sudah sering servis," ungkap Staf Dirjen Hortikultura, Dep. Pertanian di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pun dialami Bambang Priambodo, warga JI. Keramat, Beji Tanah Baru, Depok. Mio Hitam milik bapak 2 anak ini bukan cuma ngorok. Tapi juga muncul entakan spontan saat mesin bergasing di rpm 3.000-an. "Akan lebih terasa jika bawa boncenger," timpal mat kodak majalah Auto Bild Indonesia yang masih adiknya Em-Plus.

Herannya, walau sudah dibawa ke bengkel resmi Yamaha guna pengecekan belt, puly primer-skunder hingga girboks tetap saja timbul. Mereka sampai enggan konsultasi lantaran penyakitnya belum juga terobati.

Melihat gejala ini, bagian servis PT YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) tak tinggal diam. Tentu tidak malah mengusir Mio. Hus..hus.., wah itu mah ngusir kucing.
Si Mio malah disuruh pergi ke bagian klaim untuk lakukan cross cek.

"Biangnya laher as puli sekunder di tutup girboks dan poros roda belakang bermasalah. Sehingga putaran kedua poros tidak balance yang menyebabkan gesekan antar gir saat berputar," ujar M. Abidin, manager technical warranty, PT YMKI.

Analisa M. Abidin, penyebabnya bisa jadi salah prosedur maintenance. Jadi, bukan cacat produksi atau pemakaian kasar. Bisa dideteksi lewat pemakaian oli girboks nggak sesuai spek pabrik. Katanya girboks pernah dibongkar. Juga terlihat prosedur pemasangan salah dan pernah alami kekurangan oli.
M. Abidin memastikan bahwa sebelum dilempar ke pasar, Mio sudah diuji lewat pemakaian jalan harus hingga x-treme. Jadi nggak perlu takut selama perawatan berjalan sesuai prosedur.

Gemuk multigrade penghalau terjadinya hentakan
Hentakan spontan atau jader juga diakibatkan salah prosedur perawatan. Tampak gemuk berceceran di dalam mangkuk rumah kopling sentrifugal yang keluar dari laher poros kopling. "Alhasil, sepatu kampas kopling sentrifugal tak menapak sempurna ketika mencapai putaran ideal. Komponen pemindah daya ini juga munculkan hentakan hingga ke roda belakang," beber pria yang berkantor di JI. Raya Bekasi, KM 23, Pulogadung.

Dia juga menambahkan, mestinya gemuk yang dipakai mekanik saat melakukan servis besar harus multigrade seperti disediakan pabrik. Artinya, cream pelumas ini nggak mudah mencair juga mengeras agar tidak menggangu kerja komponen CVT.
Paling penting, Yamaha Mio mesti diperlakukan spesial. Maksudnya ruang praktik bengkel sampai komponen di dalam CVT harus bersih dan dijauhkan dari debu, oli dan air. Ooo...
Jadi yang salah siapa, Pak ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...