Simak !
PROMO ANDALAN kami


PELUANG USAHA
BENGKEL MOTOR

dengan mengikuti

KURSUS MEKANIK
SEPEDA MOTOR


AUTO CHAMPION TRAINING CENTRE



"Selama masih ada sepeda motor, kita masih bisa berharap bisnis ini gak ada matinya deh ..."

Ikuti !
Program Keahlian Mekanik Motor Standar
dan
Pengenalan Modifikasi (Tune Up Performance)



DAPATKAN SEGERA !!

DISKON Rp 104.000,-


(selama masih dalam masa promosi)

klik di sini --> :

ARTIKEL TERANYAR

Sabtu, 27 April 2013

Aneka Tang

Judul di atas mengilustrasikan ada lima jenis tang yang berguna di motor. Semua punya bentuk dan fungsi berbeda. Biar enggak salah bell, atau salah pakai, sampeyan perlu tahu itu biar lebih tahu dan tahu lebih.


1.TANG KOMBINASI (SLIP JOINT PLIER)

Boleh dibilang ini jenis tang yang paling akrab dijumpai. Bahkan, toolkit bawaan motor juga masuk katagori ini. Fungsi tidak spesifik, bahkan cenderung umum. Makanya, disebut tang kombinasi. Bisa untuk menekan, juga memotong. Bisa juga difungsikan untuk pegang onderdil panAs atau keras.
Contoh saat pegang baut knalpot. Lazimnya punya panjang 6, 7 dan 8 inci. Harga tergantung kualitas bahan. Di sentra toolkit macam di komplek Ruko Glodok Jaya, Jakarta, tersedia banyak merek dan variasi harga.
Terdiri dari  dua macam bahan.Bahan carbon steel dan bahan chrome vanadium (CR-V)


2. TANG LANCIP (LONG NOSE PLIER)

Jenis ini digunakan untuk menjepit atau, mengambil klip kecil di dalam mesin. Seperti di pin piston dan lainnya. "Terutama bagian yang tidak bisa menggunakan tang kombinasi. Bisa juga pakai tang jenis ini," papar Indra Gumay Putra, Supervisor Service Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).
Soal jenis bahan, ukuran dan kisaran harga tidak beda dengan tang kombinasi.


3.TANG POTONG (DIAGONAL PLIER)

Namanya juga tang potong, tentu berfungsi untuk memotong. Bukan motong honor atau gaji. Melainkan kabel. Makanya, bentuk ujung yang beradu tampak lebih tajam. Soal ukuran, bahan dan kisaran harga juga tidak jauh beda sama tang lancip atau tang kombinasi.


4. TANG JEPIT (SNAP RING PLIER)

Bentuknya beda. Ujung runcing kecil mirip jarum. Ada yang bengkok, ada pula yang lurus. Ada yang ditekan menutup, ada yang sebaliknya. "Digunakan membuka berbagai pin di mesin. Misal di kick starter," tambah Indra Gumay.
Ukuran yang lazim untuk motor 5 dan 6 inci. Soal kisaran harga dan bahan, sama seperti tipe lainnya.


5.TANG BUAYA (VICE GRIP)
Seperti nama dan bentuknya. Tapi bukan seperti buaya darat, lho. Besar, dan berotot. Bisa dikunci, sehingga tekanannya jauh lebih kuat dibanding sekadar ditekan tangan. "Bisa untuk melepas baut rusak yang tidak bisa dibuka pakai kunci pas. Ukuran bisa diubah, menyesuaikan ukuran baut," tambah Indra Gumay lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...