Simak !
PROMO ANDALAN kami


PELUANG USAHA
BENGKEL MOTOR

dengan mengikuti

KURSUS MEKANIK
SEPEDA MOTOR


AUTO CHAMPION TRAINING CENTRE



"Selama masih ada sepeda motor, kita masih bisa berharap bisnis ini gak ada matinya deh ..."

Ikuti !
Program Keahlian Mekanik Motor Standar
dan
Pengenalan Modifikasi (Tune Up Performance)



DAPATKAN SEGERA !!

DISKON Rp 104.000,-


(selama masih dalam masa promosi)

klik di sini --> :

ARTIKEL TERANYAR

Jumat, 31 Mei 2013

Obat Bodi Sepeda Motor Retak dan Pecah : Las Plastik

Trik las plastik cocok dipakai untuk memperbaiki bodi motor yang retak atau pecah. Apalagi buat kuda besi impor yang bodi barunya lumayan susah dicari. Ade Maulana dari Cling Chrome bagi solusi.

Buat yang demen modif bodi motor, langkah main las plastik oke juga ditempuh. "Hasil dari pengelasan boleh dibilang oke. Bahkan sampai pada langkah main sambung cover bodi yang rusak," jamin Ade yang mangkal di JI. Kol. Sugiono, No. 100, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Nyok kite lihat dulu opo itu alat yang digunakan untuk las plastik. Bentuknya sederhana, sederhana seperti solder tembak (gbr. 1). Sementara cara kerjanya mirip seperti pengering rambut alias hair dryer.

Juga sudah dilengkapi setelan tingkatan panas. "Dengan begitu, panas bisa diatur sesuai ketebalan material yang direparasi," lanjut Ade yang pelihara janggut itu.

Begitu juga kawat las yang digunakan. Terbuat dari bahan khusus. Memiliki senyawa dasar sama dengan plastik dan fiberglass. "Terbuat dari PVC (Polyvinil Clorida). Hingga dapat menjadi perekat yang balk untuk cover bodi plastik maupun terbuat fiber(gbr. 2) ", jelas Ade yang buka konsultasi lewat 08158778726.

Penggunaan tidak terbatas pada bodi orisinal yang terbuat dari plastik. Cover modifikasi yang dibikin dari fiberglass pun dapat disambung menggunakan proses pengelasan plastik (gbr. 3).

Brother juga bisa memiliki nih alat. Coba aja tebus di toko elektronik terdekat atau yang ada di mal. "Dijual dalam banyak pilihan lho. Harga kisaran Rp 400 ribu sampai Rp 5 juta," tutup Ade.

Yang Rp 150 ribu nggak ada, ya?









Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.



Selasa, 28 Mei 2013

Kunci Ring dan Kunci Sok, Saling Melengkapi

Fungsi kunci ring alias offset wrench dan kunci sok menutupi kekurangan kunci pas atau spanner. Membuka baut sangat berisiko menggunakan kunci pas. Kepala baut bisa slek karena tidak semua kepala baut yang kena kunci pas. Apalagi buka baut motor baru yang pastinya masih sangat keras. Kan memang dari pabrik dikencangkan pakai impact.

Cara paling aman pakai kunci ring atau sok. Kecuali posisi baut dihalangi komponen lain. Kepala baut cuma bisa kena sebagian sama kunci. Giliran kunci pas dipakai. "Menggunakan kunci ring atau pas adalah cara tepat merawat kepala baut," beber Dwi Supriyatno, Service Engineer, Technical Service Division PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer Honda JakartaTangerang-Bekasi.

Beberapa ukuran kunci ring dan sok punya persamaan. Kunci 8-10 mm, 12 mm, 14 mm, 17 mm, dan 19 mm. Tapi, kunci sok punya ukuran 11 mm, 13 mm, dan 21 mm yang enggak dimilik kunci ring.

Kedua kunci ini berfungsi sama kayak kunci lain. Yakni, melepas dan mengencangkan baut. Tapi, kunci sok punya banyak fungsi yang enggak dimiliki kunci ring. Soalnya tiga jenis sok yang bisa digunakan buat membuka menutup.

Misal, kunci sok T mengurangi beban tangan waktu membuka baut yang ada di cover bodi atau di mesin. Termasuk saat mengencangkan bisa disesuaikan torsinya. Kunci sok disambung dengan kunci momen. Kunci yang fleksibel membantu pengguna membuka baut di bagian yang enggak terjangkau kunci ring.





Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.


Kamis, 23 Mei 2013

Baut Sepeda Motor, Ragam Modelnya

Baut sebagai pengikat satu bagian ke bagian lain punya ragam bentuk sesuai kebutuhan. Johannes Sudama, pemilik Surya Jaya, toko spesialis mur baut, coba kasih panduan. "Lihat dulu diameter ulir, lalu pitch (jarak antar ulir, baca boks) dan panjang baut diperlukan. Terakhir pilih model kepala baut yang gimana," buka juragan di Proyek Asem Reges, Jl. Taman Sari Raya, Jakarta Pusat.

Jangan lupa soal penempatan, mau dipasang kemana tuh baut. Bagian berat tentu butuh baut spek lebih. Berikut rangkuman ragam baut yang lazim dipakai di motor. Ada banyak model, tho. Jangan salah pilih biar nggak cilaka !


1. Sekrup.

Baut dengan ujung runcing ini biasanya dipakai di sekujur panel bodi motor. Gampang dibuka-pasang dengan obeng plus.


2. Baut Kepala T 8
Gampang ditemui di blok mesin dengan beragam panjang. Dibongkar dengan kunci T 8. Baut ini pengganti model obeng plus yang dulu di pakai motor era 80-an. Tentu karena lebih kuat dan nggak gampang slek.


3. Baut Kunci L

Baut dengan kepala segi enam (hexagonal). Kerap cuma dipandang dari sisi estetika apalagi model krom atau stainless steel yang kinclong. Padahal baut kunci L punya kekuatan lebih hingga cocok pula di komponen yang punya tugas berat seperti piringan cakram, kaliper, blok mesin hingga dudukan monosok.


4. Baut Tanpa Kepala

Tampil polos alias bolak-balik cuma ulir. Baut tanam ini dipakai di kepala silinder untuk pengikat leher knalpot atau intake manifold. Proses lepas-pasang dengan pasang dua mur yang dihimpit.


5. Baut Kepala 12/14

Berbagai ukuran panjang, baut yang kuat beban lebih ini menyebar di daerah segitiga sok depan, kaliper, sok
belakang hingga engine-mounting. Dibuka dengan kunci ring 12 atau 14.


6. Baut Model Plus

Dulu banyak dipakai di bagian mesin, kini pindah ke komponen yang tak menanggung beban berat dan gampang dibongkar. Macam karburator dan panel spidometer. Cukup pakai obeng plus untuk membuka.


Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.


Rabu, 22 Mei 2013

C-70 Pakai Kopling Grand

Tanya :

Geber mawon nggih? Ane punya Honda C-70. Sejak beli koplingnya nggak main. Padahal sudah ganti pakai kampas baru. Kata mekanik stutnya nggak ada.

  1. Kalau mau ganti rumah kopling Grand apa akur?
  2. Mau pakai piston Grand dan blok tetap. Bisa nggak?
  3. Mau pakai transmisi 4-speed yang diubah apanya?

Jawab :

1. Mau ganti pakai rumah kopling bisa saja. Paling gampang gigi sekunder tetap C70. Jadi, rumah kopling Grand dipantek ke gigi sekunder C-70. Harus minta bantuan tukang bubut.
2. Pakai piston Grand dan blok tetap bahaya. Liner bisa tipis. Kalau mau repot harus overbos. Artinya pakai liner lebih besar Kemudian pasang liner baru yang lebih besar.Lebih bagus pakai blok Grand.

3. Honda C-70 dibuat 4 percepatan bisa saja. Harus mengganti as primer, as sekunder dan gigi botol. Kalau series mau pasang, silakan kontak Wielly di Puri Nirwana II No. 14, Blok B, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Teleponnya (021) 9151912.


Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.




Selasa, 21 Mei 2013

Bengkel Motor Pilihan, Kiat Memilihnya

Enteng aja memilih bengkel umum yang bagus. DarI tampilan luar, sudah terdeteksi. "Bengkelnya asri dan ramai," yakin Andriansyah alias Acong. Dia pegawai bank swasta di bilangan Slipi, Jakarta Barat. Orang ini mengaku, belum pernah ditipu bengkel.

Kata Andri, bengkelnya jujur, kemampuan mekaniknya kesohor. Makanya, bengkel ini selalu banyak pengunjung. "Itu menandakan, bengkelnya punya langganan tetap," cerita Andri tentang pengalamannya memilih bengkel.

Tapi, jangan tersihir banyaknya motor yang dipajang. Bisa saja, itu akal-akalan bengkel. Agar konsumen percaya, bengkelnya banyak pelanggan. Padahal tipuan.

Bengkel yang jujur, umumnya berusia panjang. Minimal lima tahun. Karena, pemiliknya mampu menjaga kejujuran. "Apalagi kalau bengkel itu pada alamat yang sama," kiat Akian, dari Patra Motor yang mengaku 15 tahun berada di JI. Patra, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Sebaliknya, jangan langsung percaya pada bengkel seumur jagung. Sampeyan mesti punya kiat lain. "Tengok aja peralatan bengkelnya. Lengkap atau tidak?" anjur Aklan.
Misalnya kunci sok, kunci torsi, ring dan pas, obeng ketok, treker atau alat pencabut komponen yang sulit. Syukur-Syukur punya tabung kompresor.

Jika tidak, bagaimana mungkin mekanik bekerja maksimal dengan peralatan terbatas. Salah-salah, suku cadang yang utuh malah jadi ancur. "Itu tandanya, bengkel bermodal dengkul," kata Akian, yang juga doyan mengorek mesin road race ini.

Tilik juga perhatiannya sama motor. Misal, ada tanda suatu komponen sudah aus atau bakal rusak. Kalau dia orangnya perhatian, pasti hal itu diberitahukan pada pemilik.

Ringan tangan. Tanya diminta, dia cek tekanan angin, setelan rantai dan sebagainya. Yang begini malah jadi standar kerja bengkel resmi.
Kira-kira kesimpulannya, bengkel umum yang kerjanya kayak bengkel resmi. Setuju, Gan ?


Rapi dan Bersih

Kerapian merupakan syarat mutlak. Rapi bengkelnya, rapi kerjanya. Pokoknya, rapi segalanya. Itu menandakan niat dan keseriusannya.
Otomatis, kerjanya lebih teliti. Baut, mur, dan sebagainya diberi wadah tertentu. Kunci-kunci pun punya kotak khusus. Tujuannya sih sederhana tapi penting, supaya tidak tercecer hilang.
Atau bengkelnya sendiri yang bersih. Kan, bengkel identik dengan oli dan gemuk. Namun, si bengkel bisa menjaga kebersihan. "Itu yang membuat konsumen nyaman," jelas Andriansyah.
Apalagi bengkel dikasih ruang tunggu yang lengkap. Paling enggak, sembari menunggu motor diservis, ada bacaan di situ. Syukur ada AC alias pendingin udara.


Sopan Bertutur


Bengkel kaki lima jujur, pasti sopan pelayanannya. Memberikan informasinya tidak pelit. Nggak bertele-tele  atau asal analisa. Juga nggak main tunjuk komponen yang rusak.
Sehingga, pengguna jasa perbaikan merasa diuntungkan. Misalnya, pebengkel menjelaskan kerusakan dan perkiraan biaya termurah dan termahal.


Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.


Senin, 20 Mei 2013

15 Kelalaian Saat Berkendara Sepeda Motor

Nggak sedikit kecelakaan menimpa biker berawal dari kelalaian. Namanya saja lalai, berarti dilakukan tanpa sadar. Dari tidak mengindahkan rambu, sampai yang memang belum mengerti teknik mengemudi. Ada baiknya bro sekalian memperhatikan 15 jenis kelalaian, agar terhindar dari malapetaka.


1.NYALIP ADA ATURANNYA
Kalau yang disalip cuma satu kendaraan dan di jalan lurus, mungkin mudah. Tapi, bagaimana kalau lebih dari satu dan menjelang tikungan? Di sini banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya, berusaha kendaraan yang disalip, mengetahui keberadaan kita.


2.NGOTOT ALIAS EMOSI

Perasaan itu muncul, akibat didahului pengendara lain. Ini harus dihindari. Emosi tinggi waktu berkendara, banyak mengakibatkan lemahnya kontrol dan handling. Sebab, manuver yang dilakukan hanya untuk'balas dendam' dan mengejarnya. Berusahalah tetap tenang, mengontrol emosi serta memfokuskan keselamatan.


3.LIHAT DEPAN, JANGAN MELENG

Banyak biker, entah karena bengong atau keasyikan kenceng, tak melihat rambu. Padahal, kunci keselamatan pada penglihatan. Usahakan, tetap perhatian pada keadaan sekitar, terutama depan.

Sabtu, 18 Mei 2013

Matic : Tool Kit Khusus untuk CVT

Perawatan matic bertransmisi CVT (Continous Variable Transmision) tidak sama dengan sistem rantai dan gir biasa. Perlu alat khusus atau special tool kit perawatan dan perbaikan agar tak bikin rusak komponen. Apa aja tuh? "Treker untuk buka puli depan alias rumah roller. Bentuknya mirip huruf Y dengan cakar yang memegang bilah kipas pendingin (gbr. 1)," ujar Dodi Irawan, dedengkot Jakarta Mio Club (JMC) yang gape modif Yamaha Mio.

Fungsi treker menahan rumah roller agar tak berputar saat mur pengunci dibuka pakai kunci ring. Bisa saja sih fungsi treker diganti obeng panjang, tapi risikonya bilah kipas bisa patah akibat menahan beban berlebih.

Alat kedua masih berlabel treker, kali ini bertugas membuka rumah per CVT atawa puli belakang (gbr. 2). Sosoknya sih mirip treker rumah roller, mirip huruf Y juga. Tapi punya pasak kecil di ujung, bakal masuk lubang di lempengan luar puli. Treker ini duet dengan kunci ring besar untuk melepas rumah per CVT.

Masih ada satu lagi special toolkit CVT. "Di bengkel resmi Yamaha punya v-belt check untuk mengukur kemiringan dan tebalnya v-belt," kata Indra Gumay, Supervisor Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Penting memang punya alat bongkar khusus CVT. Kendalanya barang macam ini belum dijual bebas di pasaran. Mungkin mesti pesan sendiri langsung ke tukang bubut untuk dibuatkan. Atau mungkin ada yang pengin produksi sendiri?




Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.




Rabu, 15 Mei 2013

Harga Sepeda Motor Bekas, Cara Menawar dan Cara Transaksinya

Berbagai upaya harus kita lakukan berkaitan dengan membeli sepeda motor bekas. Tujuannya adalah agar kita "tidak menyesal di kemudian hari" dan puas tanpa menyalahkan orang atau pihak lain. Diantaranya adalah seperti pemeriksaan fisik sepeda motor, pemeriksaan surat-surat kendaraan, cara menawar dan pembayaran (transaksi jual-beli sepeda motor), hal-hal apa yang terkait dengan membeli sepeda motor luar kota, serta cara berurusan dengan calo atau perantara.

Berikut ini akan dibahas bagaimana melakukan tawar-menawar dalam jual-beli sepeda motor. Adapun pemeriksaan fisik sepeda motor dan surat-surat kendaraan yang harus dilakukan sebelum tawar-menawar akan dibahas di lain kesempatan.

Jadi, apa langkah kita selanjutnya jika pemeriksaan fisik sepeda motor berikut surat-suratnya telah kita lakukan, dan ternyata semuanya tidak bermasalah, serta kita telah merasa cocok dengan sepeda motor tersebut?
Langsung membayarnya sebesar harga yang ditawarkan oleh penjual?

Senin, 13 Mei 2013

Cara Mengendurkan Baut

Banyak kejadian, tangan sobat terluka waktu 'memainkan' peralatan. Pasalnya, ketika mengencangkan atau mengendurkan baut dengan kekuatan penuh, pegangan meleset atau murnya slek.

Persoalannya sepele. Cara memegang kunci pas atau ring kurang tepat. Biar tangan tak berdarah, coba ikuti kiat sederhana.
Sebelum menggunakan kunci-kunci, pastikan dulu ukuran mur/ baut. Setelah itu, perhatikan arah gerakannya. Usahakan selalu ke arah badan sobat. Jika terpaksa harus dengan cara mendorong kunci, usahakan telapak tangan terbuka (lihat gambar). Kalau pas kebetulan meleset, tangan tak kepentok benda di sekeliling mur yang dibuka.


Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.

Kamis, 09 Mei 2013

Modifikasi Motor dengan Biaya yang Rasional

Sama Suka Sama Senang

Hasrat ingin punya motor modif sesuai isi hati mengandung risiko. Ongkos kadang membengkak tanpa disadari. Sudah banyak kasus tuh ! Pas ngambil motor konsumen marah-marah, ujung-ujungnya motor ogah ditebus.
Makin gaswat, ada builder sampai diadukan ke Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLKI), sengketa berlangsung alot dan memakan energi. Hasil modifikasi menghasilkan perselisihan berkepanjangan.
Akibatnya bisa sampai hilangnya persaudaraan bikers. Sayang banget kan! Biar nggak kejadian lagi, monggo baca petikan kata tukang modif berikut ini.

Minggu, 05 Mei 2013

Alat Bantu Kerja Mekanik, Segalanya Jadi Lebih Mudah

Jangan cuma mikir bagaimana melengkapi tool-kit. Ini saran buat mekanik harian ataupun kompetisi. Tapi, coba marl berpikir gimana baiknya bikin alat bantu. Salah satu contoh adalah bikinan Michael Iskandar atau akrab disapa Om Cia. Ini otak lokal. Sisanya diambil dari luar negeri. "Kerja lebih efisien," bilang Om Cia yang bermarkas di Badung, bukan Jawa Barat tapi Denpasar, Bali.

Penasaran, kan ?



1. Dudukan Blok Fleksibel


Biasanya tunner pakai ragum alias catok kros buat menjepit blok silinder yang akan dikorek. Pakai ragum cuma dapat satu sisi. Mau dipindah catok kudu dikendurkan, terus posisi blok dipindah..

Tapi, Om Cia enggak begitu. Sesepuh tunner Suzuki ini bikin alat pendukung sip. Posisi blok tetap. Tapi, bisa digeser kanan-kiri atau depan-belakang. Malah, bisa diputar. "Alatnya fleksibel, kan. Perangkat bisa dicari ditukang loak," bilang Om Cia.

Tengok deh modelnya. Buat menggerakan tiang dudukan blok cuma butuh pillow ball. Komponen ini dikenal di kalangan maniak off-road roda empat. Dipasang di bagian kaki-kaki supaya gardan bisa bergerak fleksibel waktu melibas jalan keriting. Harga barunya sih kisaran Rp 200 ribu. Yang bekas lebih murah 50%.
Di atas bola besi dilas tiang berbentuk T dari pipa kotak. Dibikin rada melengkung. Buat pengikat blok, bikin aja lubang drat seukuran baut blok.
Buat mengubah posisi tiang dudukan blok, tinggal kendur dan kencangkan tuas. Enak, kan!


2. Pegangan Serbaguna

Ini produk dari luar negeri. Disebut workstands. Bikinan Amrik. Intinya buat pegangan komponen saat mau dibuka, dilepas, atau dimodifikasi. Misal, bisa berfungsi waktu mau bikin coakan payung klep di kepala piston. Melepas tabung sokbreker. Bisa dipakai buat komponen yang diameter terkecilnya 100 mm.

Enaknya lagi, putaran klem alias penjepit komponen bisa 360°. Bagian penyetelnya ada 2 sisi. Di sebelah kanan, yang bentuknya seperti T berfungsi untuk memutarkan pegangan. Di sisi kiri, mirip tuas berbentuk L, sebagai pengunci.









Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber ; Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.




Sabtu, 04 Mei 2013

Tips Sepeda Motor : Tutuplah Lubang Mur

Atas nama gaul, banyak motor dipereteli. Misainya, tutup rantai dibabat atau kabel rpm dan spidometer dicabut.

Nah, lubang peninggalan baut jangan dibiarkan terbuka. Soalnya, debu akan bersarang dan menumpuk di situ. Akibatnya, saat memasang kembali, baut susah masuk.

So, sebaiknya tutup kembali lubang mur dengan baut berukuran sama. Ada baiknya, pilih yang lebih pendek supaya pas menutup lubang mur. Toh fungsinya sekadar penutup.

Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


- dari berbagai sumber - 

NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.


Rawat Komponen Sepeda Motor Nganggur

Tulus Budi, biker Singaraja, Bali, protes. Katanya, MOTOR Plus kok cuma kasih tips modifikasi. Tapi nggak pernah mengulas rawat komponen standar yang dicopot. "Hayo, gimana cara menyimpan komponen agar awet," tantang Tri.

Nah, ini ulasannya. Tri Widodo, pebengkel Wanurma Motor di Pos Pengumben, Jakarta Barat, kasih pandangan. "Ada dua komponen copotan yang kudu dirawat. Logam dan non-logam (plastik). Cara merawatnya beda," kata cowok tinggi kurus, boleh disingkat tikus ini.

Logam dulu. Komponen ini rentan oksidasi (karat). "Pelek, gir rasio, rumah kopling, crankcase, silinder, baut dan mur, sebelum disimpan bersihkan dulu. Lalu olesi oli atau gemuk (gbr. 1) untuk melindungi logam dari asam udara dan air," tambah Tri.

An-An Kuda punya tips lain. "Ceburin oli aja, aluminium kagak bakal karat," bilang bos Pro-SE, di Kebon Jeruk III, Jakarta Kota ini. "Baru bungkus plastik. Biar debu nggak nempel," tambah An-An.

Beda dengan sokbreker, yang merupakan gabungan logam dan karet (sil). Perawatannya nggak perlu dikasih gemuk. "Cukup dibersihkan. Dilap kering, masukkan ke plastik," timpal Tri.

Sekarang, plastik. Buat sayap bebek, sepatbor gampang, cuci bersih (gbr. 2) dan dilap sampai kering, lalu dibungkus koran. Trus plastikin. Selesai.

Ban lain lagi. Sebaiknya bungkus plastik. (gbr. 3) "Jangan ditaruh di lantai. Apalagi ditumpuk-tumpuk. Gantung saja," wanti An-An.

Biar gampang carinya, mending kumpulin komponen yang bisa dimasukkan ke dalam kardus besar. "Simpan di tempat sejuk," tutup Tri.












Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.







Jumat, 03 Mei 2013

Honda C-70 Mesin Honda Win

Langsung aja, saya baru beli Honda C70 '78 dengan basis mesin Honda Win plus elektrik starter Supra. Yang ditanya :
  1. Apa Sebab suara mesin terdengar kasar kalau digas? Bahkan saat stasioner terdengar samar-samar suara klek.. klek...
  2. Apa ada pengaruh sama pemasangan elektrik starter Supra? Sebab saat bunyi starter kasar, kan Win asli juga tidak pakai elektrik starter.
  3. Apa bisa kopling manual Win diubah jadi kopling ganda punya Supra? Bagaimana caranya?
  4.  Bisa nggak blok, head dan seher diganti kepunyaan Kawasaki Kaze ?

YUDIE ALAMSYAH, JI. Manggis 5, Blok C, No. 2, RT. 36/5, Sampit, Kalimantan Tengah.


1. Sebelum salah sangka apalagi salah jawab, sebetulnya dari bagian mana pusat suara kasar di dalam mesin itu muncul. Apa di bagian head, silinder atau seputar bak mesin. Kalau di head biasanya dipengaruhi kem, gir keteng, pelatuk, klep atau pegas yang bermasalah. Sedang di silinder bisa dari piston, ring piston, pin dan setang piston berikut rantai keteng. Tapi kalau di bak mesin bisa jadi kruk-as, rumah kopling atau susunan girboksnya sudah nggak benar Makanya perlu di cek perbagian lalu per item untuk perbaikan.

2. Pemasangan elektrik starter Supra di mesin Win juga bisa jadi penyebab. Apalagi sobat tahu kalau Win memang tidak dilengkapi elektrik starter Makanya, kalau salah pasang atau susunan tidak tepat dapat mengganggu komponen lainnya. Wajar aja kalau kerap timbulkan suara aneh.

3. Kalau lihat dari bentuk rumah bak kopling dan gir primer yang dipasang di mesin Win, kayaknya tidak bisa dibikin kopling ganda. Sebab pemasangan kopling ganda di Win bukan cuma butuh seperangkat kopling sentrifugal punya Supra. Tapi juga harus memikirkan gimana alat itu bisa pasang di kruk-as kanan. Dan yang paling penting, apakah kopling sentrifugal tadi bisa ditutup bak kopling yang bentuk luarnya rata. Coba deh dipikir lagi.

4. Begitupun kalau mesin Win ingin pasang blok, head dan piston Kawasaki Kaze. Kalau cuma piston, memang enggak masalah juga sudah banyak dipakai. Kalau berikut silinder dan head, yang jadi masalah apakah lubang dan empat baut pengikat silinder dan head sama. Apalagi sistem aliran pelumasan Kaze dan Win beda. Punya Kaze aliran oli lewat pipa yang di luar silinder blok.

Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !

Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.







Kamis, 02 Mei 2013

Honda C-70 : Pengapian Ganti Honda Win Lebih Tokcer

Sistem pengapian Honda C-70 tergolong klasik. Pakai platina dan tegangan listrik cuman 6 volt. "Pencahayaan dan arus yang keluar kecil. Lagipula, setingan platina sering berubah. Langsamnya susahhhh," bilang Cengkun, mekanik Cengkun Motor Sport di T. Raya Mauk, Tangerang.

Gantinya diambil dari merek sejenis, namun beda tipe. "Saya sering ganti pakai Honda Grand dan Win. Tapi paling enak pakai Win. Cuma sedikit ubahan," papar mekanik yang susah distop omongannya.

Memodifnya juga gampang. Sampeyan kudu siapken obeng ketok kembang, treker pembuka magnet. Paling penting, seperangkat pengapian Honda Win, terdiri magnet, koil, sepul, dan CDI. "Harganya sekitar Rp 350.000," jelas cowok berkulit putih ini.

Langkah-langkah berikut khusus untuk pengerjaan penggantian magnet dan sepulnya saja. Pertama, buka 2 sekrup penutup gir depan dan 4 sekrup tutup magnet pakai obeng ketok (gbr. 1). Lantas kendorkan baut pengikat sepul dan magnet. "Copot magnet dengan treker (gbr. 2). Lanjutkan membuka tiga baut pengikat sepul magnet pakai obeng ketok," jelas Cengkun.
Trus, 2 sekrup penutup piringan rotor dibuka pakai tang. Lalu klip pengunci dicungkil pakai obeng min. "Baru deh kelihatan jelas as rotornya,"' ungkap Cengkun.

Permasalahan muncul. As rotor C-70 terlalu kecil bagi dudukan magnet Honda Win (gbr. 3). "Gampang, ente pergi aja ke tukang bubut. Bikin bos baru menyesuaikan dudukan magnet Win," bilangnya.
Lantas pasang kembali magnet dan sepul dengan urutan terbalik dari cara membuka tadi. Eits, jangan lupa urutan kabelnya. Biru setrip kuning ke CDI. Kabel hijau untuk bodi/massa. Hitam-kuning dari CDI menuju koil. Hitam-merah dari sepul ke CDI. Terakhir, hitam setrip putih dari CDI ke kunci kontak.





Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan

NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.






Rabu, 01 Mei 2013

Syarat Ngebengkel : Rapi, Bersih dan Teratur

Tiap pemilik motor pasti pengin bisa ngebengkel sendiri.
Dengan begitcu, untuk memperbaiki sesuatu yang ringan tidak harus berkunjung ke bengkel. Bisa dikerjakan sendiri meski ditunjang keterampilan dan peralatan ala kadar.

Cuma masalahnya ngebengkel sendiri seperti apa yang ideal buat mekanik amatiran. Biar lebih sip mending tan a beberapa pemilik motor yang kerap melakukan itu. Kali ada usulan yang bisa dijadikan panutan. Seperti ucapan Lucky A. yang menganjurkan bikin bengkel sendiri itu butuh tempat longgar.

"Misal di teras rumah atau garasi mobil yang sudah kosong. Selain itu, pastikan lokasi jauh dari anak-anak juga lalu lintas orang. Juga punya sirkulasi baik agar gas pembuangan mengandung karbon monoksida tidak terhirup," ucap warga Jl Pejuangan, Jakarta Barat itu.

Ditambahkan pemilik Suzuki TS-125 itu lagi, katanya pastikan di lokasi ada nampan atau wadah berbahan plastik atau besi. Alat ini biasa digunakan mekanik profesional untuk menaruh copotan komponen ukuran kecil juga tempat cairan pencuci. Jadi mekanik amatir tidak perlu repot membersihkan oli atau debu di lain tempat. Selain itu, juga memudahkan proses pemasangan kembali.

Pun untuk mengetahui adanya ceceran kotoran di lantai, atau memudahkan mencari peranti terselip. Usahakan lantai berkelilr terang seperti putih atau kuning. Dengan begitu, kalau ada kotoran gampang dilap. Peranti yang hilang pun bisa dengan mudah ditemukan.

Buat yang memiliki lantai gelap nggak perlu khawatir. "Bisa kok dilapisi plastik atau kertas putih," timpal Setia Kusnadi pungawa Chabe (Club Honda Bekasi) yang juga suka ngebengkel sendiri.

Terakhir, taruh copotan komponen ukuran besar dan kunci-kunci di tempat paling pas. Misal di pojok ruang yang jauh dari jangkauan anak kecil dan orang lewat. Tapi tetap mudah dijangkau. "Terus hanya kunci-kunci yang dipakai saja yang dekat dengan motor," tutup Setya yang tinggal di Jatibening Estate, Bekasi.

Tuh, bermanfaat kan.


Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih, Salam Sukses untuk Anda !


Sumber : Tabloid MOTOR - PLUS


Rachmadi Triatmojo
Pengelola sepeda-motor.com

http://www.sepeda-motor.com
semua tentang sepeda motor masyarakat masa depan


NB : Jika anda suka posting artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini ! Terimakasih.






 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...